Kamis, 15 Oktober 2015

Mengenal Inscape


Sahabatku sebelumnya kita telah  membahas mengenal Corel Draw dan sekarang kita akan membahas mengenai editor grafic open source, biasa di gunakan pada Linux sebagai alternative pengganti corel draw, software ini bisa digunakan di windows, Mac Os, dan tentunya pada Linux.

Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vector yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML,SVG dan CSS, Inscape menggunakan Scalable Vector Graphics (SVG) sebagai standardnya.

Inkscape dirintis pada 2003 sebagai sebuah fork dari proyek sodipodi. Sodipodi sendiri, yang dikembangkan sejak 1999, didasarkan pada Giil (Gnome Illustration Application), buah karya dari Raph levien.

Fork tersebut dipandu oleh sebuah tim berjumlah empat orang yang beranggotakan mantan pengembang Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY) yang mana ke-empat orang tersebut lebih mengenali perbedaan dari tujuan project tersebut, keterbukaan untuk pihak ketiga agar dapat berkontribusi, dan ketidaksetujuan teknis sebagai alasan mereka melakukan forking Inkscape.

Dengan Inkscape, mereka berpendapat fokus dan pengembangan untuk penerapan standar SVG dapat dilakukan secara lengkap, hal ini sedikit berbeda dengan pengembangan Sodipodi yang menekankan pada pembuatan sebuah program editor grafik vektor seperti pada umumnya yang mengorbankan implementasi SVG



Tampilan Inscape
Saat ini inscape masih terus dikembangkan, Demikian Penjelasan mengenai Inscape semoga bermanfaat..!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar